Thursday, December 16, 2010

2nd child...a baby girl....Syahrezade Rania Nurfiandy


Sabtu, 20 November 2010
Sebenernya jadwal kontrolnya hari Jumat 19 Nov, tapi dr. Judi nya berhalangan & cuti sampe tgl 26 Nov, daftar Sabtu pagi udah penuh. Akhirnya Sabtu sore dengan dr. Sanny, dr pengganti dr. Judi. Abis klo nunggu dr. Judi kembali kelamaan, baru dpt tgl 29 Nov.
Begitu periksa tensi, suster mukanya aneh...."Tinggi bu..140/90.." "Rusak kali tensiannya..." *ngerasa ga masalah sama tensi selama ini..
Diganti lah tensiannya ama suster...hasilnya tetep aja ga berubah... *mulai deg2an...
Istirahat dulu deh bu ya...nanti cek lagi...
Periksa tensi ke3 kalinya hasilnya masih sama...masuklah ke ruangan dokter...usg berat Ade +
2.3kg. Posisi bagus & sehat... Diminta periksa tensi lagi klo masih sama, langsung periksa lab, takutnya preeklampsia.
Tensi ke 4x masih sama juga, langsung cek urine di lab, sambil nunggu browsing2 re preeklampsia...1jam kemudian hasilnya keluar *msh blm ngerti apa yg terjadi
Dilaporin ke dokter hasilnya, ga lama kemudian dipanggil masuk ke ruangannya lagi...
"Bu... ini proteinnya +2, selama hamil protein itu tdk boleh positif, cairan di tubuh sudah berlebihan & bisa menyebabkan kejang & terendamnya paru2 oleh cairan pada ibu. Jadi ibu tdk boleh pulang hrs langsung dirawat & hari senin kehamilannya kita akhiri"
"Haaa? " *pandang2an ama ayahnya...mungkin lucu banget kali liat muka kita waktu itu...bingung...masih ngga ngerti....Diakhiri? maksudnya dok?
"Maskudnya ya dilahirkan bayinya" kata dokternya
"Tapi kan masih kecil bgt dok...baru 2.3kg?"
"Ya makanya mlm ini & bsk, kita persiapkan bayinya spy siap lahir, nanti akan disuntik pematangan paru2 2x"
"Tapi bisa IMD ya dok?
"Ya kita liat aja kondisi baby nya gmn nanti ya...prinsipnya klo sehat sih bisa koq"
*alhamdulillah....sehat ya naaaak...

Sambil mandangin si abang..."Bang...bunda hrs nginep di rs ya...ade hari senin lahir..abang bobo sama ayah ya..." *kasian...dia pasti bingung, krn kita selalu bilang klo ade lahirnya nanti abis abang ulang tahun, setelah tgl 26 november...
Mba Ai, sang BS juga ga kalah kagetnya...untung sudah mulai dicuciin baju2 ade...
Akhirnya disambut dg kursi roda bunda diantar suster ke ruang bersalin, didampingin abang, ayah & mba Ai...
Meluk abang sekenceng2nya krn aga usah masukin anak seumur abang ke ruang bersalin...meaning baru bisa ketemu setelah operasi..itu juga setelah keluar dari ruang recovery.. huwaaaa...

Masuklah ke ruangan bersalin....dimulailah serangkaian prosedur...periksa ini periksa itu...pasang alat perekam jantung & tensi...pasang oxygen...pasang infus...pasang kateter...cek darah...ctg...suntik pematangan paru2...huwaaa...gatelnya ampuuun di "situ"...
Ya Allah...aku pasrah...sambil bisikin ade...ade kuat ya....kita sama2 kuat ya....
Yang parah minum aja dibatasin...krn udah terlalu banyak cairan di badan...satu gelas untuk 6 jam...hiks...

Minggu, 21 November 2010
Ketemu sama dr. Sanny, sang obgyn...ketemu sama dr jantung krn hipertensi...ketemu sama dr anastesi untuk bsk operasi...
Suntik pematangan paru2 yg kedua...masih juga ga boleh banyak minum...ctg...rekam jantung, kateter & oxygen masih terpasang...
Tensi kisaran 140-120 bawahnya 100-80...
Email ke kantor...kalo harus lahiran senin ini krn emergency...langsung ngajuin cuti lahiran 3bln...untung udah ada pengganti...walau blm semua handover nya...

Ayahnya diterangin sama suster..krn ini lahiran blm waktunya...35minggu...jadi kalau ada sesuatu sama babynya , nanti akan masuk ke perina...mudah2an sih ga ada apa2...

Alhamdulillah bisa ketemu abang walau cuma sebentar...satpam & susternya lagi bae...
Miss u son...
Jam 11 mlm mulai puasa untuk operasi bsk...ayah bolak balik memberi semangat & slalu berdoa...ngga lupa bisikin ade spy kuat & sehat...berusaha tenang...tapi keliatan klo dia panik juga... I love you, ayah...

Senin, 22 November
Jam 6 pagi..suster udah mulai persiapan untuk operasi...ayah nemenin sampai di dpn r operasi...berkali2 aku bilang ama suster...minta imd & mw asi exclusive...
Jam 6.30 masuk r operasi...jam 7mulai...suntik bius spinal...mulai gentar juga..."kecil kan ya dok jarumnya?"
"Dok...nanti imd ya dok..." lagi2 dokter punya jawaban yg sama...kita lihat nanti baby nya ya...
*Bismillah....! Ya Allah...sehatkan kami berdua....pertemukan kami kembali dengan ayah 7 abang & keluarga lainnya serta teman2 semua...

Jam 7.35...ada suara tangisan...tapi pendek2 & suaranya kecil....ade dihadirkan di deket muka bunda..."Ibu cium saja ya...anaknya kurang oxygen & hrs dimasukkan ke dlm inkubator..."
"Tapi saya mau IMD dok..."
"Ga bisa bu..."
Samar2 ngliat ade waktu nyium pipinya... *Ya Allah...ade biru keunguan... "yg kuat ya de..."sambil bunda bisikin

Masih bengong....mpe kelar jahitan & bunda dibawa ke r. recovery...
Ayah masuk nyambut bunda..."Ayaaah...ade gimana...?"
"Ade sehat...hrs masuk inkubator tapi...kan ade krg bulan lahirnya..." ayah mencoba menenangkan...
Suster mulai lagi dg prosedurnya...pasang alat rekam jantung & tensi...ya ampuuun 160/100... "Ibu..jangan terlalu dipikirin ya..."
"Iya bun...ade sdh ditanganin sama dr. Idham koq...bunda istirahat aja biar bisa mimiin ade nanti..."
"Iya yah...bunda mw nyusuin ade....gmn caranya?"
"Ade selama 3hari puasa dulu..."
"Ya Allah..." *tapi inget baby msh kuat koq 3hari itu...kan msh punya cadangan selama di perut...
Trus...kolostrum ku gmn nih? "Yah..tlg ambilin botol kaca ya...bunda mwu merah asi...kasian ade...ade perlu banget kolostrum ini"
Karena blm bisa duduk...akhirnya sambil tiduran dibantu sama ayahnya megangin botol, berusaha merah asi...alhamdulillah dapet 20cc....
This is for you princess Rania...be strong baby...
Ni foto ade bun....liat deh gayanya kaya ayah klo bobo kan? Si ayah berusaha ngehibur bunda...
"Ya ampun...iya...kaya abang banget ya yah... :)"








Monday, May 28, 2007

Abang SARJANA ASI.....& mulai MPASI

Waaaa......tgl yg ditunggu2 tiba.....tgl 26 may 2007.....nyobain maem juga akhirnya...
Abang ulang bulan....6bln.....
gigi depan bawah udah mulai nongol 2, geraham samping kanan bawah udah bengkak....hmmm...tambah rajin gigit2....sendoknya...teethernya.....
phot2nya blm sempet diupload nih...bundanya masih sibuk... :)

Wednesday, May 23, 2007

Abang today...

Hari ini tadi pagi.....jam 4pagi....abang bangun...trus pertama kali bunda liat abang ngemut jempol kaki kanan....biasanya cuma yg kiri terus..... :D
Jam 6.30am bunda ngeliat gusi abang sudah putih2 n mengeras.....bakal tumbuh giginya ada 2....smoga ga pake demam.... :)

Monday, May 21, 2007

Abang Rayyan udah balik mimi ma bunda... :)

May 16, 2007
Rabu....malam....abang lagi bobo di pelukan bunda...tiba2 abang guser2 dada bunda kaya minta mimi....iseng2 bunda buka baju....trus nyodorin ke abang.....what a miracle.....it was really amazing...after almost 2months...suddenly.....@ one night....abang mimi ke bunda kaya biasa aja....cuman sebentar sih...tapi...bener2 mengharukan......kangen2an deh kita.....
May 17, 2007
Jam 4 pagi....abang nangis….tapi matanya merem....mimpi kayanya....trus bunda gendong…lagi2….abang guser2 dada….
n again….pas bunda kasih mimi….wah langsung lahap….sambil digendong sih…jadi inget Izza…mamanya Bill….gp2 lah…yg penting abang mimi… :)
Jam 7.00 ke rmh ema’….urut ma ci iyung…..nangis2….trus nyusu lagi ma bunda….lamaaaaa banget….wah kata bunda….abang beneran ni mw nyusu lagi ma bunda….Alhamdulillah….
Trus seharian abang mimi ma bunda…sambil bunda mikir....STOP DOT...n pake sendok kali ya…biar abang tetep mw mimi bunda…..

Tapi lama juga ya….banyak yg kebuang juga....udah gitu sendoknya juga ikutan dimakan n dipeganging...serasa teether :)
bunda jadi inget pernah baca di majalah, ada training cup yg anti spill nya….beli ah buat abang….kan sabtu besok tgl 26..abang 6 bulan n mulai MPASI juga…
May 18, 2007
Hari ini bunda ngajak abang jalan ma pasukan…ate nana…ate vie…mb sari…n mb ti2n…..ga kmana2 sih…cuman ke heritage….pengen nyari spatu n baju abang…anter ayah dulu ke ktrnya….aga siang sih ayah masuknya…trus pengen ke ambas…beli slabber nya abang…..eeeh…tnyata baju cowo paling kecil u 1thn….yg 6blnan ada sdih cuma jelek2…ada topi safari…lucu buat abang…tapi abang marah waktu dipakein…ya udah deeh ga jadi….ga trasa udah siang…perut bunda n ate2 udah laper….ya wes…langsung mkn aja deh kynya…mluncur lah kita ke izzi pizza menteng….tapi di tengah jalan..abang haus….ya sud…parkir bentar deh di plaza tendean(dulu golden trully)…..45menit abang nyusu….perut bunda yg udh laper…jadi tambah laper deh… :D
May 19, 2007
Ke depok….jadwal rutin ke opi n omi…pulangnya nengok Om Helal..anaknya lahir...namanya Mahesa….tapi sayang…dikasih SF…..alasannya klise….bln kluar ASInya….hmppph…mw marah….bunda nyesel bgt…kelupaan…ngasih informasi ttg ASI….gtw deh knp bunda mpe miss ngirim info ke Om Helal…krn kbr lahirannya rabu..bunda ga sempet beli apron n ngebundel info ASI… :)
Kayanya bunda mesti siapin di rumah deh…minimal 2set…
Krn dr RS ke mall tempat beli training cupnya deket …sekalian deh…
Tnyata yg ada di majalah itu ga ada tutupnya…jadinya cari model lain deh...dapet malah yg bisa on off – spill ato non spill…..banyak modelnya..sempet bingung juga....

Sekalian juga beli piring mkn abang….magic matnya ntar aja deh…kan abang juga blm mkn ndiri…

20May 2007
jalan2 ke monas ama mama yu, papa di, kaka dika, wa ndi, bunda ida, ayah, bunda n mba sari....
abang blm mimi dari jam 4.30pagi...pasti laper....ga nangis...bunda takut abang dehidrasi...jadi bunda mimiin abang...tapi ga lama..sebentar doank...trus celingukan ke sana kemari....
abang skrg susah mimi klo di tempat rame....pengennya sunyi n tenang....
wah kayanya skrg bunda jadi perlu APRON nya ASI4Baby nih…
pesen ah......
Keep nursing.....wherever…whenever……

Friday, May 11, 2007

Your 5-month-old's development: Week 3
Approved by the Medical Advisory BoardReviewed by Suzanne Dixon, M.D., MPH
updated: February 2006

More discerning
Driven to distraction
Cause and effect
Remember, your baby is an individual

More discerning
Your baby's getting better at spotting very small objects and tracking moving things. At this point, he may be able to recognize an object after seeing only part of it — like his favorite toy peeking out from under the couch. This will be the basis of little hide-and-seek games you'll be playing in the coming months.He can also follow an object out of his view. Your baby will reach for a block (or another object) on a table if you hold him close to it, and once he's got one, he may just go after a second.Earlier your baby learned to distinguish between similar bold colors. Now, he's beginning to sort out subtle differences in pastels. Reading books about colors or playing with colored blocks is a great way to learn about the color palette.
Yang ini abang suka banget ama tempat teethernya...bukan ma teether2ku yg banyak banget itu dibeliin bunda gara2 bunda salah terus ngebeliinya dikira lembut..taunya aga keras...giliran beli yg lembut...cuma kepake sebentar n abang udah suka yg keras2.............walaaaaah.....
heran deh...klo bunda lagi ngeluarin teether2 dari tempatnya....yg pengen abang ambil cuma tempatnya itu loh...abis kan transparan...isinya ya teetherku yg warna/i itu........trus klo bunda umpetin...abang pasti cari....celingukan ke sana kemari.....begitu kliatan ada di balik bunda.....wah..klo bisa lari abang pasti akan ambil.... :D

Driven to distraction

When your baby starts fussing at the supermarket, you may be able to distract him — not for enough time to knock everything off your shopping list, but a few minutes goes a long way these days. Try engaging him with funny faces or a round of "The Itsy-Bitsy Spider."Clapping your hands, giving him something to hold and mouth, or pointing out new objects in the aisles might work, too. But, remember: For some sensitive babies, the sights, sounds, smells, and overly friendly folks found in stores can be too much.
Abang susah banget mimik susu klo di ruang tengah n klo di ruang tengah slalu keganggu...........bisa satu jam mimi 120ccnya.....tapi klo ditaro di boxnya...yg ada mainan gantungnya
.....walaaaah....pet pet cepeeet banget.....ternyata aku bisa dialihin perhatiannya....n bida focus ma mainanku... :)

Cause and effect

Your baby's ability to interact with you, others, and his surroundings is growing daily. At this stage, he may start playing little games as he begins to understand that simple actions have results. He may drop objects just to watch you pick them up or to see how and where they fall.Once he understand that letting go of something is as much fun as picking it up, your baby's world will become more interesting — and yours a good deal messier. Tiring as it sounds, you'd better get used to it. In a few weeks, this will be accompanied by your baby's fits of giggles.Before long, you'll probably notice the noise level increasing, not only because of your baby's babble but also because he'll find out how much fun it is to bang objects together. Banging, shaking, and mouthing are all ways your baby conducts his experiments on the world.
klo yg ini....aku juga doyan banget ngejatohin mainan...apalagi klo lagi digendong....pasti aku liatin deh jatohnya ke mana.....

Remember, your baby is an individual
All babies are unique and meet milestones at their own pace. Developmental guidelines simply show what your baby has the potential to accomplish — if not right now, then soon. If your baby was premature, keep in mind that kids born early usually need a bit more time to meet their milestones. If you have any questions at all about your baby's development, ask your healthcare provider.

Tuesday, May 1, 2007

konsul dr. utami

Apr 24, 2007
bunda n ayah hari ini cuti....khusus buat konsultasi ma dr. utami....di jwcc clinic

....jam 10 kta udah nyampe.....ayah, bunda, mba titin n aku.....
aku ditimbang, bunda seneng banget ditimbangnya ditelanjangin, jadi kan fair....ga ada tambahan berat pamers yg udah keisi penuh... :) klo di h******..mmm boro2 full assesoris juga hayuuu aja....trus u ngukur panjangnya juga bagus....klo di h******....wah pke penggaris kayu....itu juga kadang2 ga ada dipinjem ma dr gizi, kata susternya....
pas ditelanjangin...aku kan ketawa2...susternya seneng bgt....wah...ga nangis ya.....
beratku 7.245kg pb ku 67cm....kata bunda...koq turun yah....terakhir nimbang tgl 16.04.07 beratku 7.3kg...tapi mungkin plus pampers... :) pb nya sih nambah banyak...dari 65.5cm....
padahal aku sempet 7.4kg tgl 01.04.07.....kan terus sakit.....yah...yg penting sehat deh....kan bunda dulu juga selalu complain ma omi(oma mami) klo disuruh makan spy gendut...trus bunda slalu bilang kan yg penting sehat...gendut bukan berarti sehat kan... :D


lama juga nunggu dr nya....jam 12.30 baru masuk....wah...dr udah nyiapin pe er buat bunda baca di rumah....trus dr bilang ini mah bukan nursing strike....tapi refusing to nurse...tnyata awal diagnosa lidah abang aga pendek...jadi hrs susah payah mimi langsung....trus bunda crita klo abang tuh dikasih dot....tapi peristaltik....waaaa....dr mukanya langsung berubah.....yah no wonder...mmm tapi tapi....baru kan? di umur 4bln?
bunda nyesel sambil bilang....nggak dok....dari 3 bln....waktu bunda mw masuk ktr lagi.....
walah...itu sih jelas nipple confusing / bingung puting namanya.....sayang bgt...baby itu baru establised umur 4 bln....sblm itu klo dikasih dot pasti akan bingung puting....
ya sudah....nanti klo skrg dipakein sendok...abang malah tambah bingung...jadi terusin aja dotnya....bunda jgn stress...tenang aja....memang untuk kembali mimi udah susah....tapi masih ada harapan....skrg kompensasi nya....untuk bonding.....ayah & unda harus rajin massage abang....n setiap ada kesempatan be there for him...gitu kata dokter....
ya sudah deh....nanti klo aku mw punya ade lagi...aku ingetin bunda ah... say no to artificial nipple

asiforbaby jadi omongan di sessi laktasinya dr utami loh.....terutama nursing apronnya
& pin nya
thanks dr utami...!! smoga breastfeeding info cepat diserap oleh2 tenaga medis di indonesia....
jadi klo kita konsul ke dr...justru informasi2 penting ini dtgnya dari mrk....bukan para moms sbg pasien yg ngotot minta hak anak2nya spy tdk dizalimi........
sukses juga buat mommies di asiforbaby milis club.... & aimi (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)....
save our generation!!
salam ASI!!



Hi...its me...!!